Home » » TIPS MENINGKATKAN PRODUKSI AIR SUSU IBU (ASI)

TIPS MENINGKATKAN PRODUKSI AIR SUSU IBU (ASI)



Tidak dipungkiri lagi bahwa Air Susu Ibu (ASI) merupakan nutrisi utama bagi si Kecil dan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan akan memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang yang optimal. Namun tak jarang Ibu khawatir akan ketersediaan ASI saat menyusui dan apakah jumlahnya dapat memenuhi kebutuhan pertumbuhan si Kecil.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Ibu lakukan untuk dapat meningkatkan produksi ASI.

  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh. Produksi ASI memerlukan cairan dalam tubuh. Minumlah 10-12 gelas air putih sehari atau segelas setiap kali Ibu menyusui agar tubuh tidak kekurangan cairan dan produksi ASI cukup.
  • Berikanlah ASI eksklusif sebanyak dan sesering mungkin, karena produksi ASI secara alami disesuaikan dengan volume ASI yang diberikan si Kecil. Semakin banyak dan sering Ibu menyusui, maka produksi ASI semakin bertambah.
  • Cukup istirahat. Jika Ibu lelah, maka tubuh tidak memiliki cukup energi untuk memproduksi ASI. Istirahatlah pada siang hari jika malam sebelumnya Ibu tidak mendapatkan tidur yang cukup.
  • Rileks dan nikmati peran ‘ibu’, hindari stres karena dapat mengurangi produksi ASI.

Makanan yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI, antara lain:

Daun katuk 
Peneliti telah menunjukkan produksi ASI dapat meningkat hingga 50-70% pada Ibu yang mengonsumsi ekstrak daun katuk pada hari ke 2-3 setelah melahirkan selama 15 hari dibandingkan Ibu yang tidak mengonsumsi ekstrak daun katuk.
Biji wijen hitam (Black sesame seeds): mengandung banyak kalsium.

Daun kemangi
Mengandung vitamin K, menyebabkan efek rileks dan memperbaiki gerakan usus Ibu, sehingga meningkatkan nafsu makan dan kesehatan.

Sayuran dan labu hijau
Labu hijau seperti buah kundur dapat meningkatkan produksi ASI, juga mudah dicerna. Sayuran hijau seperti bayam, kacang panjang, daun bit dan asparagus merupakan sumber mineral dan fitoestrogen yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Sayuran berwarna merah
Wortel, ubi jalar dan bit mengandung beta karoten yang tinggi yang bermanfaat untuk nutrisi dalam ASI. Buah bit dan ubi mengandung zat besi yang tinggi yang dapat membantu mencegah anemia.

Kacang-kacangan
Almond dan kacang mete dapat membantu melancarkan produksi ASI.

Bawang putih
Dapat dikonsumsi bersama sayuran lain dan daging dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Datuk Villa's Channel | Datuk Villa's Tips | Datuk Villa
Copyright © 2013. Datuk Villa's Tips - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Datuk Villa
Proudly powered by Blogger